Laman

South to South Film Festival 2010



WE CARE - KITA PEDULI

South to South Film Festival 2010

Isu lingkungan bukan merupakan hal yang baru bagi masyarakat perkotaan.
Kata Climate Change atau Perubahan Iklim diserukan disetiap penjuru, dilengkapi dengan ajakan untuk merubah gaya hidup untuk merespon fenomena tersebut. Begitupun bencana alam yang acapkali melanda.
Kondisi alam dan lingkungan sering dituding sebagai penyebab dibalik
semuanya.

South to South Film Festival (StoS) adalah sebuah

Film Festival pertama yang mengkhususkan diri untuk menayangkan film-film mengenai lingkungan hidup serta berbagai kegiatan pendukung lainnya. Festival ini diadakan di Jakarta, lalu dilanjutkan dengan rangkaian StoS keliling di beberapa SMU di Jabodetabek. Berbagai film yang pernah dibuat oleh para sineas atau aktivis yang peduli lingkungan dari berbagai belahan dunia dikumpulkan untuk kemudian ditayangkan kepada masyarakat umum agar bisa memberikan gambaran yang lebih komprehensif serta menyuarakan cerita menarik dari berbagai komunitas. Dengan pengemasan informasi dalam bentuk yang menarik dan populis, StoS bisa menjadi sebuah ruang penting untuk menggugah kesadaran publik dalam mendukung upaya-upaya mengatasi berbagai tantangan lingkungan.

StoS 2010 adalah StoS ketiga yang pernah diadakan dan didukung oleh lembaga-lembaga seperti Walhi, Jatam, FWI, Gekko Studio, Ecosisters, Kiara, Goethe Institute, Solidaritas Perempuan, SBIB, CSF dan Sawit Watch.

StoS sebelumnya diadakan pada awal tahun 2007 dengan tema “We Are Connected” untuk melihat keterkaitan fenomena alam antara negara-negara selatan dengan negara-negara industrialis di utara. Kali ini South To South ketiga akan mengusung tema “We Care/Kita Peduli“ dan kembali mengajak masyarakat untuk terlibat dan berperan lebih aktif terhadap lingkungan sekitarnya. Kampanye publik yang dibangun melalui media visual ini akan menayangkan berbagai potret perjuangan dan cerita-cerita sukses dari para penggerak lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup urban seperti gaya hidup ramah lingkungan, ancaman yang mungkin ditimbulkan, serta keterkaitannya dengan berbagai pemangku kepentingan seperti perempuan, anak-anak, masyarakat adat, dan sebagainya.

kami mengundang kawan-kawan untuk ikut berpartisipasi dengan menyiapkan film yang akan ikut diseleksi dan ditayangkan dalam acara StoS 2010 nanti. Film yang akan disertakan bisa berupa dokumenter maupun animasi atau fiksi. Kami akan mulai membuka pendaftaran film pada bulan Juli 2009 nanti. Kami akan sangat senang jika rekan-rekan sekalian bisa membantu menyebarkan informasi ini kepada jaringan anda.

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kirim email ke mnurmawati@gmail. com atau dwi.rahardiani@ gmail.com

Salam,

Melly Nurmawati




2 komentar:

  1. dunia emang udah semakin ngeri iklim nya, saya udah sering banget merasakan hujan yang datang tiba tiba di kala hari panas terik....itu udah kaya hal biasa....terkadang ngeri juga membayangkannya..........fiuuuh, mudah mudahan melalui festival ini ada langkah konkrit dah berikutnya.......yah, gak musti dari penyelenggara festival film nya, bisa juga langkah nyata dari orang orang yang nonton...jangan nonton ajah....hehehehehehe..........kalo saya pribadi?????emmm, dimulai dari yang simpel aja, kayak pake kertas di kedua sisi nya, jangan buang dulu kertas bekas, matikan lampu standby di TV kita, siram tanaman tanaman di halaman agar tetap subur.....trus, berhubung saya pake kendaraan bermotor....emmmm, dikurangin ajah dah jalan jalan nya, keluar rumah untuk hal yang penting ajah.....

    BalasHapus
  2. hahahaha iya iya bener...jangan nonton melulu, festival ini pun diharapkan untuk dapat memberi kita inspirasi, dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari...iya iya sip sip thanks yahh atas semua komentar..:) salam, n tunggu review revival ntar :)

    BalasHapus