Laman

MENGHAMBA MESIN PHOTOKOPI #1




Dari sekian banyak tema zine lokal yang ngabalatak, menurut Menus ( editor zine ini ) ternyata belum ada zine yang mengangkat tema tentang zine itu sendiri. Gue pikir2 memang belum ada yah..hehe..good idea. Maka, diapun memutuskan untuk membuat zine yang bertema-kan tentang zine.

dan selamat datang ‘Menghamba Mesin Fotokopi #1’.

Zine ini berisi segala sesuatu tentang zine.
Paling banyak menyita halaman adalah sesi review zine yang ditulis oleh beberapa kontributor.
Lalu ada juga Interview dengan editor zine ‘Bunpai Suru’ (Ajeng ) ama satunya..mmm..itu, ‘Tiap Edisi Ganti Nama’ Zine ( Adi )
Space yang lain diisi oleh Zine Report dan beberapa artikel bagus yang juga membahas soal zine.

Sangat menarik, apalagi buat gue seorang pecinta zine. Hehe
Zine ini berformat Microsoft Word, konon bukan karena Menus, ga bisa bikin PDF namun lebih di-karena-kan file Word tidak berat ketika di download, okelah..hehe selain itu tersedia juga format cetaknya, yang tertarik bisa langsung meng-kontak editornya.

Satu harapan gue adalah, di edisi kedepan sektor per-layout-an nya digarap dengan lebih maksimal, sehingga mata gue nggak jereng ngeliat huruf-full-berhimpit-himpitan kaya gini. Kaga usah keren, computerized, canggih atau apa..tapi gimana biar nyaman di baca aja hehe

Terakhir, salut buat Menus yang sudah membagikan energi-besar nya untuk subkultur ini.
Oiyah sedikit info lagi, selain zine ini Menus juga membuat sebuah zine psycho-depressif ‘Mati Gaya’. Edisi terbarunya bisa kalian temui di split-an massal 7 zine nanti. hehe


17 komentar:

  1. gw suka zine ini, baguss, ngedokumentasiin scene zine lokal, which is belom banyak yg ngangkat! hehehehe...pussy wagon likes this!

    BalasHapus
  2. gw suka zine ini, baguss, ngedokumentasiin scene zine lokal, which is belom banyak yg ngangkat! hehehehe...pussy wagon likes this!

    BalasHapus
  3. yaelah..ampe dobel gini komennya hahaha

    BalasHapus
  4. bagus bagus...zine yang ngebahas zine....yuhuuu........mantep idenya.....thanks jg udah ngereview RVL yahhh.....tapi, kalo bisa layout nya dibenerin dung.....selain himpit2an, kan saya dapet filenya...mau di print susah nih ngaturnya...banyak kepotong...hhehehehehehehehehe........tapi keren kok......great job mas/mbak(????) editor....edisi depan makin mantep yahhh........

    BalasHapus
  5. heueheu..hok oh tu mas aldiman, lay outnya emang jeprut. udah jd ciri khas zine2 saya kali ya kalo mslh lay out sm tulisan jg gak cermat :) ...btw saya cewek yg terperangkap dlm tubuh cowok lho hheheehehe

    BalasHapus
  6. "Oyah, hampir kelupaan ada juga ding artikel sumbangan dari Addy yang ngomongin soal Facebook yang sepertinya dia terinspirasi dari keputusan MUI mengharamkan FB dan juga artikel di JB#14 kemaren. soal MUI saya kaga ngurusin, namun soal artikel di JB saya mempunyai pendapat yang agak berbeda dengannya. Artikel tentang Facebook di JB#14, ( mungkin yang dimaksud adalah artikel Jangan Cari Aku di Facebook-mu ) saya nggak menangkap sedikitpun ketidak-setujuan akan FB di artikel itu, menurut saya, itu artikel yang mengeluhkan tentang kemungkinan matinya realitas sosial yang tergantikan oleh fenomena hiperrealitas-tak terhindarkan di zaman ini ( yang dalam artikel ini diwakilkan oleh FB ). di bagian penutup, si penulis artikel ini bahkan dengan sadar menghanyutkan diri ikut ber FB ria. ini seperti seseorang yang membenci televisi namun tak bisa menghindar darinya dan akhirnya nonton sinetron juga sambil ngetawain efek monster di Indosiar. so, itu adalah artikel tentang ironis nya fungsi teknologi dan betapa tidak berdayanya si penulis. begitulah pendapat saya.
    sementara tulisan2 saya yang lain hanya bercerita tentang kesepian. Terutama betapa kesepiannya saya di tengah euphoria internet sekarang ini, tentang betapa rindunya saya akan sentuhan langsung karena kehidupan saya sekarang sangat membosankan terjebak 24 jam di depan komputer hehehe
    dan soal FB yang dihubung-hubungkan dengan tai, silahkan Addy untuk mengkonfirmasikannya ke Hardy yang nggak suka FB tapi punya MS hehehe
    oyah, tentu saja kamu boleh kok mengupdate foto narsis setiap hari di FB hehehe lucu-lucu lagih foto kamu hehe, mungkin kamu termasuk yang beruntung, berhasil bersenang-senang di Facebook dan tidak pula kesepian di dunia nyata. kalo begitu, congrats"

    hehe..ini adalah review yang saya dapat dan baca dari "menghamba mesin fotokopi zine", dimana ada review tentang tulisan saya yang dimuat di new born fire zine. Tulisan saya yang dimuat di NBF zine tuh judulnya "BOOK THAT SMASH YOUR FACE", memang keliatannya konfrontatif terhadap booming-nya facebook, padahal sebenarnya inti-nya adalah saya berusaha berada di garis tengah atau menengahi antara yang suka facebook dan gak suka..tapi keliatanya di review ini salah persepsi, dikira-nya saya benci FB trus di akhir saya saranin supaya bikin FB haha..dibaca lagi donk boss,saya tuh gak "benci" FB dan gak "maniak" FB.. emang saya yakin nulis review gak ada tendensi apa-apa, tapi yang ngebaca tentu saja pola pikirnya beda donk :), dan kalo kita bisa make FB dengan baik dan benar saya yakin gak akan "kesepian" kok mas..hiburan mas,jadi santai aja donk hehe. Kalo ngrekomendasiin ke hardy biar bikin FB saya mau-mau aja..masalahnya email dan komen saya di MS juga gak pernah dibales tuh..gmn donk?hehe. Akhir kata..terima kasih review-nya..saya tanggepin gini biar yang baca review TAPI gak baca tulisan saya bisa ngertiin saya yang imut dan lucu ini, dan yang perlu digaris bawahi, di caps lock dan ditebali 100pt..tulisan saya intinya "berusaha menjembatani perbedaan yang ada" hihi..ngomongnya kaya dukun gak cabul tapi imut haha!!

    :)

    BalasHapus
  7. weee ada mas ganteng hehe apa kabar mas Adii? :)
    horeee juga udah bikin komentar terpanjang di blog ini hahaha...
    mmmmmm

    ADI:
    " tapi keliatanya di review ini salah persepsi, dikira-nya saya benci FB trus di akhir saya saranin supaya bikin FB haha..dibaca lagi donk boss,saya tuh gak "benci" FB dan gak "maniak" FB.."
    RINGO:
    mas Adi saya nggak ngerti dengan kalimat itu ( blah-boh ), di review-an itu saya sedang nyeritain artikel 'jangan cari aku di facebook-mu' di JB#14, bukan 'Book That smash your face' atau gimana sih? beneran deh saya gak ngerti soalnya saya ga pernah berpersepsi seperti apa yang ditulis mas adi, 'dikira-nya saya benci FB trus di akhir saya saranin supaya bikin FB haha '.jadinya saya bingung, apa sayanya aja yah yang baru bangun tidur?? hehe
    ADI :
    "dan kalo kita bisa make FB dengan baik dan benar saya yakin gak akan "kesepian" kok mas..hiburan mas,jadi santai aja donk hehe."
    RINGO:
    iye kok mas Adii, saya juga santai :) saking santainya sampai nggak saya urusin tuh FB, hohoho santai aja dong mas adi hehehe

    yaudah, dengan komentar ini semoga bisa menegaskan bahwa maksud tulisan Adi di artikel itu adalah "berusaha menjembatani perbedaan yang ada", bukan yang lain-lain yeee hehehe

    gimana mas Adi, punya koleksi JAV terbaru gak? bagi doong..xp

    BalasHapus
  8. lay out jelek gak masalah sih sebenernya nus, yg penting enak dibaca aja :D yg penting gw suka isinya, gw kan penggemar zine! ;)

    BalasHapus
  9. kabar baik donk :)

    ooo gt ya mas ringoo hehe,,jadi malu..soalnya saya bacanya juga cepet..wong saya belum dapet dan baca zine itu aja tiba-tiba udah dapet sms dari temen yang bilang gini "eh di emang tulisanmu kenapa to?kok reviewnya "aneh"..saya gak tau aneh yang kaya gimana..ya langsung aja saya langsung minta ke menus zine itu..nah setelah baca dengan cepat dan kurang tepat langsung aja saya kasih tanggapan,gitu..makanya yang kurang tepat tadi jd bikin sama2 bingung..nah dari situ kan bisa saya ambil hikmah kalo review itu bisa bikin pembaca bingung..apalagi yang gak baca tulisan aslinya..hehe!!

    apanya yang santai..coba baca lagi reviewnya atuh akang..keliatan serius dan kesepian gitu hehe,,

    matur suwun !!

    BalasHapus
  10. hehe makanye mas Adi jangan cepet nanggepin omongan orang, mendingan langsung nanya aja ke saya..
    iye deh mas Adi, lain kali saya juga nyoba nge-reviewnya nggak bikin bingung yeee..hooh ni pembaca sekalian ralat yee maksudnya mas Adi teh di artikelnya "berusaha menjembatani perbedaan yang ada" gitu ya mas Adi? hehe kalo pada penasaran gimana tulisan aslinya tinggal download NBF#9 yaaa..:)
    anyway, thanks inputnya.

    ADI:
    apanya yang santai..coba baca lagi reviewnya atuh akang..keliatan serius dan kesepian gitu hehe,,
    RINGO : OH iyah mas Adi saya teh emang serius soal nyeritain maksud dari artikel di JB#14 (jadi bukan soal 'Book That smash your face' yah )
    ..kemungkinan matinya realitas sosial itu bisa jadi beneran loh, seperti kita yang dulunya nyiptain duit buat kemaslahatan manusia, sekarang malah duit yang nguasain manusia..,nyiptain kerja sekarang kerja yang nguasain kita...teknologi dan cyberworld juga bisa aja ntarnya nguasain manusia..tapi itu kan saya nulisnya cuma kemungkinan, lebay ( bahasa kamu teh hehe ) belum tentu bener, apalagi kalo orang2nya udah pinter2 dan bisa manfaatin teknologi buat having fun ( kaya mas Adi ini looh hehe ) jadinya ya teknologi tetep hanya akan menjadi perangkat yang memudahkan umat manusia. kaya saya ini nih,-pinter juga- hehe manfaatin fasilitas gratisan blog hahaha jadi pada titik ini, tulisan tentang kemungkinan matinya realitas sosial ini jadi sedikit berguna ( walau agak serius ), supaya kita ingat bahwa kitalah sebenarnya majikan nya. bukan teknologi. saya menulis tentang ini setelah nonton film 'Wall-e' soalnya hehe nonton deh filmnya kereen..

    sementara saya sendiri nyantai kok orangnya soal FB, lah saya sendiri pernah FB-an..walaupun saya ngaco2an akunnya dan sekarang deactivate..hihi bukan karena apa-apa ( kapitalisme, iklan atau konspirasi yahudi haha ) cuman saya lagi nggak begitu butuh aja sama FB. hoho santai aja dong mas Adi..

    dan tentang kesepian..oh iya, saya kesepian banget..saya adalah petualang berjiwa bebas yang sialnya harus hidup secara menyedihkan di depan layar komputer,..gelora menelusuri tiap sudut bumi yang tak kesampaian karena akhirnya saya juga harus ngorbanin waktu nyari duit ( bukan hanya buat saya, tapi juga buat emak saya ),---wahh kayanya kalo nggak inget emak, saya udah make sepatu hiking saya dan berkelana ke antah-berantah seperti Alexander Supertramp--- dan celakanya, saya kerja didepan komputer dimana sebenarnya saya tak pernah beranjak kemanapun. dari situ saya mulai ngerasa boring..oh, poor me.. dan ber-sosial di dunia FB ternyata tidak cukup membantu kesepian saya hehe makanya, daripada mikir saya nyeriusin FB, mendingan anggep aja saya lagi kesepian,personal banget kan hehe...

    pokoknye, terima kasih dah atas commentnya :)
    i,learn.

    BalasHapus
  11. hehe..lha piye lho mas..seng kasih tanggapan tuh cewe..ntar kalo gak cepet ditanggapi ntar dikira sombong gimana??yang salah siapa hayooo :)

    iya juga sih..aku mainan teknologi gitu karena emang di kantor sama kampus ada fasilitas itu..ya jujur aja emang agak kecanduan haha..tp gak sampe terlalu mempengaruhi hidup kok..ya tergantung orangnya aje lah mas..dan masalah itu FB bikinan yahudi ato kapitalis biarin deh..kan di FB juga bebas ngolok-ngolok-in yahudi ato kapitalis2 jg..kan seru tuh..katanya aghus..biar ada yang bisa diketawain gt mas..hehe!!

    oh iya maaf sebelumnya mas..sumbangan tulisan sampeyan itu belum tau rilis kapan..soalnya saya juga males nanya ke dinna kapan dia mau nyelesaiin..trus kalo mas mau nih..minta aja semua materi ke dina..sampeyan ae yang layout..soalnya saya udah bosen nanya-nanya trus soal zine saya yang kayaknya materi-nya udah pada bas hehe!!

    matur suwun..

    BalasHapus
  12. oooh cewe toh..yaudah kalo gitu suruh langsung nanya ke saya aja cewenya xp

    jawaban untuk komen-an mas Adi yang ini rasanya sama aja dengan jawaban komen saya sebelumnya. jadi ga perlu ditulis ulang hehe cape. nih mau ketemuan sama Adit hehe pokoknye, kalo ada yang ga jelas atau nge-ganjel nanya aja langsung ke saya. :)

    terus soal materi sumbangan, yaudah gpp kok :) udah saya muat juga artikelnya di blog ini :) Dinna lagi sibuk kayanya. dan soal ngelayout wah nggak bisa sekarang mas Adi, soalnye sekarang saya lagi ngerjain split massal nih.
    mas Adi kalo mau ikutan masih bisa kok, cuman cepet2 yeee..soalnye, akhir bulan ini rencana kelar.
    kalo tertarik kirim aja zinenya format standar n halamannya ga lebih dari 20.

    okay...hehehe

    BalasHapus
  13. oke deh..ntar aku kirim ya..matur suwun :)

    BalasHapus
  14. aduh nggo.. di...
    kalo mau diskusi mending langsung ketemuan aja deh
    daripada komen2an panjang gini ngabisin space aja :P

    zine paling keren nih, liat aja siapa yg diinterview??:D

    tapi baca zine ini = makan roti tawar dicelupin air putih, a.k.a sama2 tawar

    kayak baca kitab suci :P

    BalasHapus
  15. hehe emang kaya gini namanya diskusi yah?
    gpp loh jeeng..semakin banyak komennya semakin seneng..nggak ngabisin space koook..kan bukan zine hahaha

    iya deeh interview di zine ini keren kooooookkk hehehe

    BalasHapus
  16. walah jeng jeng koyo kamu ki tau ketemuan ae haha..emang wes tau ketemu ringo ye??aku lho wes tau hehe!!

    nggo..materinya dikirim kemana mas??

    BalasHapus
  17. aku wis tau ketemu, tapi dalam mimpi :P
    lak ketemu awakmu wis sering aku :D

    nggo, kapan ke blitar??
    hikikikikik
    (do you know what i mean ? :P)

    BalasHapus