Laman

TAXI BLUES



TAXI BLUES
Story By : Seno Gumira Ajidarma
Illustration : Erwin Prima Arya
Terbit September 2001 oleh Smart Reading
Binding: Art Paper ISBN: 9793041001
Halaman: 32

Komik keren yang gue dapet hanya dengan duit Rp.5000 doang di toko buku bekas dekat tempat gue.Image and video hosting by TinyPic

Salah satu hal yang membuat gue penasaran sama komik ini adalah terteranya nama Seno Gumira Ajidarma ( SGA ) di credit sebagai penulis ceritanya. Sementara nama Erwin Prima Arya sebagai seorang illustrator belum pernah gue denger track recordnya. ( kalo Erwin editor JB gue kenal banget, terus Prima ‘change for better’, ma Arya ‘dead vertical’ baru tau hehe ). Yah komik ini diangkat dari cerpen ‘SGA’, yang pernah di muat di Kompas tahun 1998. setahu gue cerpen2 SGA selalu bernuansa surealis-muram dengan tokoh biasanya bernama ‘sukab’. Jadi, bagaimanakah tulisan SGA yang seperti itu jika dituangkan dalam bentuk komik? Gue penasaran. Image and video hosting by TinyPic

Sekilas ketika gue lihat-lihat gambarnya, ternyata tidak terlalu menarik., Erwin tidak terlalu detil menggambar, RAW dan lebih mirip sebuah sketsa. tapi catet...plot, angle dan susunan gambarnya keren banget! Imajinasi-nya hidup, ini jadi seperti storyboard sebuah film dengan kotak-kotak berbentuk wide screen..waw! tentu saja komik dengan konsep seperti itu gue baru melihatnya dalam sebuah komik lokal. Gue jadi seperti ngelihat film ( yang berbentuk komik ) yang membuat pembacanya terpaksa mengikuti jalan cerita sampe habis. Sepertinya Erwin pun mempunyai bakat yang hebat untuk men-direct sebuah film. Keren.
Belum lagi pemilihan warnanya yang didominasi biru tua dan kuning membuat atmosfir murung ‘SGA’ menjadi sesuai dengan gambaran gue ketika membaca cerpen-cerpen ‘SGA.’

Dan ceritanya, tentu sangat cutting-edge untuk ukuran sebuah komik lokal. Bercerita tentang seorang sopir taksi yang bertemu dengan bermacam-macam penumpang dengan problematikanya masing-masing. Gue sangat suka endingnya. Its so cutting-edge. Keren!

Sedikit kritik adalah ‘penampakan’ sosok penjahat yang selalu saja di gambar dengan bekas luka bacokan di bagian mata heheheh so typical, tp setelah gue inget2 gue pun kalo nggambar penjahat past ada luka bekas bacokannya


PEREMPUAN




Image and video hosting by TinyPic





PENJAHAT




Image and video hosting by TinyPic



Di bagian belakang buku ini ada sebuah komentar
“ almost like a Scorsese in comic “
Gue setuju banget!

Untuk mengenal lebih jauh seorang Erwin Prima
Kunjungi blog nya di..klik DISINI

untuk melihat semua halaman komik ini/mendownloadnya, klik DISINI

ENJOY AND APPRECIATE IT!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar