Laman

BINTANG TIMUR #1





Sebuah zine yang berisi tentang metal, sepakbola dan nasionalisme.

Sepakbola sebagai sebuah olahraga terpopuler di bumi sebenarnya hal yang menarik kalo dibikin zine, cuman nggak menarik ( buat gue ) kalo di mix sama sesuatu yang namanya fanatisme atau nasionalisme.
Sumpah, artikel ‘sepakbola perlawanan’ cukup membuat gue mengerutkan jidat.
Lalu ada juga profil dan artikel tentang ‘simbol black metal’ yang ngingetin gue akan majalah MUMU yang pernah beredar beberapa tahun silam haha. Lumayan lah yang ini, informative kok.
Dan artikel terakhir yaitu tentang ‘membangun massa vs pasar’ intinya mah :mengikuti keinginan pasar bukan sebuah harga mati agar sebuah band bisa terus eksis. Karena ada cara lainnya yang udah teruji dalam mempertahankan keeksisan sebuah band tanpa harus berkompromi pada pasar, yaitu: membangun massa. Contoh: Slank, Rhoma Irama dan Insane Clown Posse.

Layout standar, simple dan dipenuhi slogan bernuansa nasionalisme.

Ada beberapa hal yang pengen gue tambahin sebagai upaya apresiasi terhadap zine ini.
Pertama, di bagian pembuka, editornya menulis bahwa dia membuat zine ini sebagai salah satu dobrakan terhadap scene zine yang selama ini hanya identik dengan pergerakan scene hc/punk, dan dia ingin membuktikan bahwa anak metal pun bisa membuat zine.
Astaga! Perasaan teh, zine metal tuh udah ngabalatak sejak dulu juga. Buat kamu tau, sepertiga zine yang ada di lemari gue adalah zine metal! So, tanpa perlu dibuktikan juga gue udah tau anak metal sama2 hebat dan bisa membuat zine. Tulisan di editorial ini malah tanpa sadar menyiratkan keraguan editornya akan kemampuan scene metal dalam membuat zine.
Kedua, adalah di bagian Manifesto.
Disini ada menyebutkan zine ini merupakan media seni yang didirikan sebagai persiapan untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru di tanah nusantara yang disebut dengan Mega Nusantara. Haduh..apa pula itu? iya deeeeh.
Ketiga, sebagai sebuah zine yang mengusung semangat nasionalisme seharusnya editornya mengulas juga musik2 yang lekat dengan budaya Indonesia seperti musik2 Melayu, keroncong, gambang kromong atau apalah demi kejayaan Indonesia itu sendiri. Yasudahlah, gpp kok hehe

Jelas, zine ini bukan termasuk dalam daftar zine yang pengen gue ikutin kelanjutannya.. tapi, berhubung seseorang sudah mengirimkannya ke email. Sebagai apresiasi gue review dan share diblog ini. Anyway, this is just my personal view.

Silahkan download n what your opinion?



kontak : ksatrianoesantara@yahoo.com

5 komentar:

  1. i love football. i hate hooligans.
    asli, gw doyan nonton bola si sebenernya, hehehe, udah dr smp gw ngikutin bola. seru. but when it comes to fanaticism, duh, makasih deh. cowo gw yg skrg aja hooligan dan pendukung setia klub bola kesayangannya di jkt, dan ini cukup bikin gw males denger cerita2 tentang kecurangan di sepakbola dalam negeri [kayak wasit dibayar and stuff gitu lah] dan perkelahian yg nggak ada ujungnya sama pendukung klub bola musuh bebuyutannya di bandung [dan gw tinggal di bdg, helloooo?] plus sejuta alesan dan pembenaran yg dia kasih kenapa perkelahian yg sering melibatkan kekerasan tingkat tinggi [kayak penusukan dan ngegebukin orang rame2], bahkan mengakibatkan sejumlah orang meregang nyawa alias mampus [serius!] itu menurut dia sah2 aja karena pendukung klub bola lawannya itulah yg mulai duluan! ya itu mah ngga akan ada abisnya lah??? apa bedanya lu ama FPI kalo gitu? fucking ridiculous! gw benci kekerasan dan nggak perlu ada lagi orang yg harus babak belur ato mati demi ngebela klub bola! there's no fun in violence, kecuali kalo lo mungkin orang yg nggak punya kehidupan bahagia dan sering dipukulin bokap lo di rumah. shit, i just hate hooligans!

    soal anak metal nggak bikin zine, gileee kayaknya banyak bgt zine2 metal gitu ya. lha, gw malahan lebih sering dengerin metal daripada musik2 kayak hc/punk yg gw ga doyan sama sekali, dan gw justru bikin zine yg nggak ada hubungannya sama metal tuh! yeah, meskipun gw tetep aja ngereview band metal juga di zine gw. tp kan anak metal nggak harus bikin zine metal toh??? hehehehe.

    BalasHapus
  2. iya nih jadi inget obrolan sama Bowo beberapa waktu lalu. Bowo adalah salah seorang maniak bola yang internasionalisme-minded. menurutnya, dia menikmati sekali nonton pertandingan sepakbola dimana dia dapat bertemu dengan orang-orang dari penjuru dunia, melebur bersama, saling berbagi dalam satu kecintaan akan sebuah fenomena 'seni menggocek bola'. nah, yang ini mah malah keren.

    oiyah, baru baca di situs 'tahukah anda' kalo olahraga paling populer di bumi memang sepakbola, tapi olahraga yang paling banyak peminatnya justru 'memancing' haha
    believe it or not..:)

    BalasHapus
  3. artikel yang tentang atribut atribut black metal itu saya suka sekali...informatif...saya baru tau, coretan muka itu namanya corpse paint...hehehehehe....(soalnya di tempat saya jg ada sebuah band yang kalo manggung vokalisnya pake setelan kayak gitu, pake atraksi sembur api lagi...pokokna horor deh..heheheheh)......kalo masalah kaitan sepak bola dengan nasionalisme...emmmmmm, emang agak aneh sih..hehehehe...tapi, mungkin dia mau nunjukin dukungannya terhadap PSSI kali yah...hehehehehehehe........mengenai hooligans......emmmmmm, saya juga kurang lebih sama dengan komentar paling atas....gak asiklah pokoknya kalo ada berantem di pertandingan sepakbola.....saya juga gak ngerti...kenapa paham hooligans itu musti dianut juga ama orang indonesia....huuuuhhhh!!!!!!.........menurut saya sih, bego banget, kalo kita berantem untuk membela orang yang gak ada hubungannya ama kita...emang ntu klub yang kita bela sampe berantem pernah mikirin kita????????.......mending juga makan makan daripada berantem....

    BalasHapus
  4. hehe.. begitulah mas aldiman..:)

    BalasHapus
  5. football.. hooligan.. wah,... senengnya ada zine yg bahas gnian... tapi sayangnya knp dipadukan dgn metal*.. uhh.. (i dont like this)
    dan kurang suka dgn slogannya "music , football , nationalism" ... lebh mantab "beer , music , football"

    hellow ming.. salam kenal....
    setidaknya hooligan tau dipihak mana dia bertarung dan apa yg dia lawan...
    -
    hooligan with fpi ?? jelas beda....

    hallow mas aldiman apa kabar..
    .kayaknya gak ada deh hooligan yg dukung pssi

    BalasHapus