Laman

SPLIT LOCAL DIY-ZINE 2009





Hai teman-teman..
Proyek spilt zine massal masih dalam pengerjaan dan direncanakan pertengahan atau akhir bulan depan sudah bisa kalian nikmati sambil berak. No deadline, No pressure! Santai aja..tapi, rencana boleh-boleh aja kan? hehehe
Sampai saat ini yang positif akan berpartisispasi dalam proyek ini ada 6 editor zine. Termasuk gue sendiri tentunya. Sementara beberapa editor zine lain yang sebelumnya akan berpartisipasi, sepertinya sedang sangat sibuk ( entah sibuk apa?? ) dan gue belum mendapat konfirmasi kepastiannya.

Jadi, sebagai -teaser pre-release- sebelum kalian membaca split zine massal ini, mari kita berkenalan dulu dengan para editor dan zinenya yang sudah menyatakan kepastiannya terlibat dalam proyek ini.

-Newbornfire Zine ( Depok ).
Editornya namanya Adit, anaknya asik banget kok dan openmind untuk diajak ngobrol tentang apa saja. Newbornfire, adalah salah satu yang masih eksis diantara beberapa zine lain sekota-nya yang sudah bertumbangan lebih dulu.
zinenya selalu mengalami eksplorasi. Terutama untuk format zine ( selalu berubah tiap edisi ) dan segmen musiknya. Adit seperti mengeksplor habis kesukaannya akan berbagai macam jenis musik dan menuangkannya kedalam edisi-edisi Newbornfire.
So, selalu ada yang baru ketika kalian membaca edisi terbaru Newbornfire.
Selain itu, isi dari NBF adalah seputar subkultur hxc/punk, artikel2 kritis, review film dll..
zine ini akan menambah pengetahuan kamu dan yaah segera kontak editornya untuk berkenalan dengannya.

-Xtraordinary Zine ( Semarang )
Editornya namanya Cipluk a.k.a XLinX, nih anaknya kecil-imut-imut-pipinya gembil tapi kalo ditelepon suaranya gede banget kikik tapi jangan salah kalo udah menjerit-jerit di band thrashcore-nya, DeadxAlley..wiiih..semua kesan imutnya jadi hilang, jadi amit-amit maksudnya kikik joke. Cipluk adalah perempuan dengan sejuta pertanyaan dan gugatan ada dikepalanya, dia merasakan ada yang nggak beres dengan dunia. kadang itu membuatnya sering terlihat berdiam diri ( sotoy banget dah gue ), kaya orang lagi mikir..teralienasi, bosan dan kesepian, namun di kesempatan lain dia akan terlihat begitu eksplosif, debatable, argumentatif dan berapi-api.
Dan Xtraordinary adalah salah satu medianya buat mengeluarkan semua uneg-uneg itu.
Apalagi yang akan di gugatnya lewat Xtraordinary?? Sebaiknya kalian mendapatkan Split zine ini untk mengetahuinya.

-Bunpai Suru ( Kediri )
Editornya namanya Ajeng. Anaknya kayanya lucu dan so sweet. Baru resmi jadi mahasiswi do’i. Bayangan gue tentang Ajeng adalah seorang remaja perempuan yang terkagum-kagum dengan dunia yang baru dilihatnya. Tertawa riang berlarian kesana-kemari sambil mengejar kupu-kupu.
Agak bandel, cerdas, senang mencoba segala sesuatu dan sering bikin bingung orang tua konservative dengan protes dan pertanyaannya yang sangat kritis.
Bunpai Suru, zine bikinannya adalah zine yang lagi bersemangat menerbitkan edisi-edisinya, yah zine ini berisi celotehan Ajeng tentang apa yang sedang dirasakannya, disisipi sedikit ulasan tentang seputar dunia Hxc/punk tentunya.

-Mati Gaya ( Yogyakarta ).
Editornya namanya Indra Menus. Hehe yang ini gue kurang begitu tau..misterius banget dah pokoknya.
Jika kalian membaca zinenya ( Mati Gaya ) kalian sepertinya akan menemukan Menus yang depresif ( nggerus istilahnya haha ) dan terobsesi sama yang namanya..kematian!!
Hehe salah satu konsep unik yang ada dalam scene zine lokal. Entahlah, Menus emang pengen mati atau itu adalah sebuah main-main karakter atau dia sedang menjalankan sebuah terapi? Ga tau gue. Yang jelas, kalo ngeliat di fotonya dan beberapa kali kontak ama dia, dia sangatlah riang dan bahagia. Hahahaha
Menus sendiri sangat aktif dalam scene Hxc/Punk. Khususnya di Jogja.
Kalian yang tertarik dengan scene hxc/punk Yogyakarta, pengen beli stuff/merchandise hxc/punk bisa mulai dengan mengontak dia. Jangan lupa bawain dia oleh-oleh sekardus film horror-gore-psikopat..mungkin akan membuatnya senang. Hahaha.
Kita lihat bagaimana depresifnya dia di split zine ini.

-Pussy Wagon ( Bandung ).
Editornya namanya Ming ( kalian semua tahu ini nama samaran, nama aslinya adalah ‘Jamilah Anak Pak Lurah’ ). Gue sedikit speechless kalo ngomongin bocah yang satu ini. Mungkin jika gue ceritakan akan menjadi sebuah artikel tersendiri yang begitu panjangnya.
Singkat saja..Ming, adalah salah satu makhluk yang mengalami proses evolusi-ide dengan cepat. Saking cepatnya, kadang ide-idenya terlampau jauh melesat untuk manusia pada zamannya ( mulai lebay ). Sehingga ketika dia memaparkan idenya, akan membuat beberapa orang berfikiran close-minds tercengang. Yang otaknya tadinya miring ke kanan dibuatnya jadi miring ke kiri. Sama-sama miring memang kikik. Jangan debat dia soal film, kamu akan dibuatnya merasa seperti anak kecil ingusan ( lebay lagi haha ).
Dia baru saja menerbitkan zinenya yang pertama, Pussy Wagon. dan itu cukup untuk membuat scene zine tanah air bergoncang hehe ( keterlaluan lebaynya hehe ), isinya begitu kritis- dia adalah kritisi jempolan- namun semuanya ditulis dengan bahasa yang sangat fun, young, free and wild. Ga ngeboring-in dan enak di baca berulang-ulang. Pussy Wagon adalah ‘Zine Of The Year!!!’ keren banget!! Namun walau begitu, dia tetap mengaku bahwa dia adalah penggemar berat Jalur Bebas Zine.
Nah, materi kickass apalagi yang akan dia berikan? Jangan lewatkan bacotannya di split-an zine ini.

-Jalur Bebas ( Jakarta ).
Editornya namanya…lah?? Ini sih gue sendiri hahaha. Yah, begitu deh, ini zine gue. Dan mungkin kamu akan lebih mengenal gue dengan membaca zine ini. Tunggu saja, di split-an zine ini gue akan kembali membagikan sedikit ide dan pengalaman hidup gue. Tentu saja, karena ‘Happines only real when shared’.
Bersiaplah dengan saputangan penyeka ingus dan kantung muntah ketika membacanya.

…………………………………………

Nah, teman-teman itulah sekilas deskripsi dari para editor yang sudah menyatakan keturut-serta annya dalam split zine massal ini. Masing-masing zine di layout sendiri dengan ciri khasnya sendiri dan nantinya akan digabung menjadi satu dalam sebuah edisi khusus. Tak akan ada format PDF, karena sepertinya ini akan menggunakan teknik cut and paste. Jadi, sisihkan uang jajanmu dan mulai menabung untuk mengorder split zine ini dari masing-masing editor.
Dengan format split ini, jangkauan distribusinya diharapkan akan lebih luas, ,
Apalagi ternyata surprise banget, semua editornya berasal dari kota yang berbeda-beda!!

Semoga split zine ini bisa menjadi sebuah dokumentasi geliat scene DIY fanzine lokal di masa mendatang dan dapat menginspirasi yang lain bahwa sebenarnya kita bisa membangun sebuah kultur sendiri yang berbeda dari kultur mainstream nan profitable dan membosankan itu.

So, don’t hate the media, be the media.
Lets make a Zine!.

UPDATE :
Deden dari 'Lapuk' zine ( Bandung ) kemarin mengkonfirmasi keikut sertaannya dalam split-an zine massal ini. jadi, ada 7 zine nih! waww!
untuk mengetahui tentang 'Lapuk' zine bisa kalian cari di menu 'Literature' di Blog ini.

6 komentar:

  1. Wah wah wah... "Zine Tahun Ini" nih.. ck ck ck.. Penasaran sama "Mati Gaya" :)

    BalasHapus
  2. hehehe mulai nabung bud, buat ngorder ke gue hehe

    BalasHapus
  3. Iya ah.. sama sekalian zine2 lain ya, Go.. pengen ngumpulin zine lagi nih, udah lama banget engga ngopi zine.

    Yang format cetak lu punya apa aja? bikinin list ya? ntar gw pilih, biar sekalian gitu, daripada order cuma 1 zine splitan thok.. hehehe..

    BalasHapus
  4. wah bikin list zine cetak sih udah cita2 dari dulu..cuman sayangnya, zine gue kebanyakan di cirebon Bud..ada di Jakarta sebagian, tapi ga banyak...

    hmm..apa perlu gue bikin list nya juga yah?
    oke deh..mikir dulu hhehehehe

    BalasHapus
  5. bang ringgo.. ming itu siapa ? saya mau berguru menjadi kritukus film yang gila juga.. ada blognya kaga bang ?

    BalasHapus