Laman

GAGAK Zine





Saya adalah penggemar komik.
Itu jelas, hehe.
Sejak kecil saya sudah terpukau dengan goresan-goresan MAN, Djair, Ganes TH, dan yang selalu bikin konak hingga saya harus membacanya secara sembunyi-sembunyi adalah komik2 karya Jan Mintaraga! hahaha, banyak toket bertebaran,men

Udah agak gede, komik2 jadul itu entah kenapa menghilang..dan saya mulai akrab dengan komik2 Amerika dan Eropa: Barbarossa, Lucky Luke, Asterix & Obelix, Smurf dll selalu menemani hari-hari saya

Udah agak gede lagi, giliran gelombang komik-komik Jepang lah yang menyerbu masuk dan menghipnotis para pecinta komik tanah air. Bahkan ‘Superman’ sendiri seakan tak berdaya menghadapi serbuan ‘Detektif Conan’, ‘Doraemon’, ‘Crayon Sinchan’, ‘Kungfu Boy’ dll

Sementara, ‘Si Buta dari Gua Hantu’, sejak saat itu tak pernah lagi keluar dari gua-nya

………………………..

Nah, ‘GAGAK ZINE’ yang baru kemaren gue donlod ini seakan menyentakkan kepala saya, bahwa ternyata sebenarnya banyak komikus-komikus muda berbakat yang ditangan merekalah terletak masa depan komik lokal.
Gagak Zine adalah sebuah zine yang berisi kompilasi komik bikinan komunitas BAKAGE ( sepertinya mereka adalah mahasiswa Mercubuana, isn’t right? ).

Ada beberapa komikus disini yang menampilkan karyanya dengan style khas masing-masing. Semuanya keren dan berbakat. namun selera subyektif saya, membuat saya tertarik dengan strip komik yang dibuat oleh ‘Ardo’. Garisnya harsh dan spontan dengan pewarnaan yang –apakah itu di buat dengan pensil?-, perspektifnya juga bagus sehingga saya kaya lagi ngeliat film hehe Good work!

Dan Hail! Strip bikinan ‘Dane’ juga kuat sekali secara konsep dengan karakter unik ( khas urban-art ) dan cerita yang sedikit surrealis dan blur. Kocak dan membuat kita tersenyum-senyum nggak jelas. Haha btw, saya sendiri cukup sering melihat karakter seperti ini terpampang di beberapa tembok-kota sebagai karya Graffiti. Apakah yang mebuatnya orang yang sama?

Well, sementara komik yang lain..kental sekali influence manga-nya. Campur tangan olah-digital terdeteksi dimana-mana. Canggih, memikat mata dan atraktif memang. Namun, terus terang bukan selera saya.

Saya jadi merindukan komik-komik ala Ganes TH nih. ………………………….

Bagaimanpun, komunitas2 kreatif seperti ini harus selalu kita support, Maka, buat komunitas Bakage dan semua komikus nya..tetap semangat dan terus berkarya bos!



LINK ALTERNATIFE:
http://www.4shared.com/file/145920528/7205bffd/gagak_zine_1.html

ENJOY AND APRECIATE IT!

4 komentar:

  1. ah toket mulu yg lo pikirin xp

    BalasHapus
  2. gak bisa di donlod tu...ada link yang baru gak???

    BalasHapus
  3. kamu coba link yang ini : http://www.4shared.com/file/145920528/7205bffd/gagak_zine_1.html

    BalasHapus