Laman

REVIEW & INTERVIEW : PUSSY WAGON ZINE




SHORT REVIEW :

Pussy wagon’ adalah sebuah zine yang dibikin sama Ming ( Bandung ). Zine ini udah terbit sekitar satu bulan lalu, dan kalian yang tertarik bisa mendapatkannya dengan mengontak editornya langsung ke email : badmocker@gmail.com atau bisa juga kontak gue : titikterang56@yahoo.com

Gue suka sekali sama zine ini terutama dengan gaya bahasa-nya yang fun. Artikel2 nya juga kickass, keliatan sekali kalo Ming begitu bebas dan cuek mengumbar ide-ide nya. Berani , bandel, inspiring, hilarious dan fun hehe


Untuk layout, --walau sederhana ala cut and paste—Ming menumpahkan semua passion dan imajinasi kedalamnya. Dan itu bikin zinenya jadi ‘hidup’.

So, jika membacanya…zine ini terasa bukan hanya lembaran kertas fotokopian yang tak bernyawa, namun lebih seperti jika kalian berkenalan dengan ‘sesosok makhluk nakal-yang sedang berceloteh-liar tak terbendung-berlarian kesana kemari’. Cool!

……….


Cukup memujinya, ( liat dia mulai mimisan Image and video hosting by TinyPic ) , sedikit opini adalah: gimana caranya supaya zine ini tidak keliatan ‘sangat-personal-ming’ karena dua kontributor yang mengisi disini tenggelam oleh ke-hillarious-an editornya sendiri hehe, apakah ini akan menjadi zine personal-Ming? Atau zine dengan kontributor cewe yang nunjukin gimana cara cewek memandang dunia? Sepertinya itu terserah editornya yeeee Image and video hosting by TinyPic..

Overall, zine ini highly recommended buat siapapun yang senang membaca , menulis dan berbagi.

Dan dibawah ini adalah obrolan ringan dengan berandalan yang membuat zine ini, Ming.

NGALOR-NGIDUL WITH : PUSSY WAGON ZINE.

Kenapa Pussy Wagon? ‘mobil-alat kelamin perempuan?’ Kenapa nggak Death Proof aja sih? Kan sama-sama mobilnya Tarantino dan ‘Death Proof ‘ itu lebih metal kedengerannya—karena ada ‘death’ nya hehe—lagian kalo Pussy Wagon ntar dikira zine tentang kucing loh

Dari pertama gw ngeliat bentuk truk Pussy Wagon di Kill Bill 1, dengan warna kuning mencrang dan huruf yg psychedelic abis berwarna pink, gw langsung jatuh cinta. Lucu banget! Gw pengen punya mobil kayak begitu. Hehehe. Nama ‘pussy’ sendiri juga perkawinan antara imej nakal dan cute sekaligus. Gw cuman nggak pengen aja zine gw terkesan zine yg serius. Murni buat seru2an aja ngasih nama gitu. Death Proof kurang centil bos! Image and video hosting by TinyPic

Sebelumnya mendapat firasat apa sampe terbersit keinginan membuat zine?

Firasatnya palingan gw bangun di pagi hari dan mikir, “gw mau bikin zine!”. Ya gw orangnya emang gitu, impulsif. Ngapa2in tuh bener2 ngandelin mood ama spontanitas. Yaudah, gw pengen ya gw lakuin, itu doang. Hehehe.
Lagian gw emang doyan nulis, gw ngelepasin kegelisahan gw lewat nulis. Jadi bikin zine udah kayak semacam terapi buat gw :)

Zine juga media yg nggak berorientasi profit, tapi dibikin cuman buat muasin libido nulis, saling tukeran info cara hidup alternatif dan semangat berbagi. Jadi firasat sih nggak ada, adanya trigger doang: spontanitas, libido sama keinginan berbagi.


Zine kamu keliatannya dilayout dengan spontan, keren looh ..influence dari mana tuh? ceritain dong proses kreatif pembuatan PW dan gimana rasanya pas zine kamu udah jadi..?

hehe
Hahahaha, makasih yee kalo dibilang keren. Iya emang gw spontan kalo bikin layout. Influence-nya ya dari gw sendiri aja. Gw nggak pernah meng-konsep ini zine bakal gw bikin kayak gimana, gw nggak punya whole concept sama sekali. Jadi gw cuman ongkang2 kaki nungguin inspirasi doang. Kalo inspirasi nongol ya baru gw kerjain Image and video hosting by TinyPic.
Nggak mau maksain. Waktu nge-lay out, nggak ada tendensi untuk menghias ato mempercantik sih, tapi ya spontan aja. Kalo gw mo bikin gambar ular, ya gw gambar tuh ular. Kalo gw mo bikin coretan apaa gitu di artikel, ya gw coret. Polos aja sih.

( Ringo : shit! gambar ularnnya emang ikonik banget buat Pussy Wagon! Image and video hosting by TinyPic )

Proses pembuatannya… ya gw orangnya emang sangat detil. Proses gunting-tempel dan lay out segala macem tuh bisa makan waktu 2 hari 2 malem. Lama sih. But I’m in no hurry ini kok. Gunting-tempelnya dipikirin per halaman, nunggu ide dateng ke kepala gw aja, enaknya diapain. Bahannya pake apa yg ada dan nganggur di kamar gw aja. Kertas pembungkus sepatu, kertas kado bekas, majalah, dll. Dan barang2 kayak gitu sebenernya pasti lo temuin sehari-hari juga. Selebihnya ya palingan modal spidol buat gambar2 dan coret2 sendiri. Nothin’s special. Lo juga pasti bisa lah bikin kayak gitu. Selanjutnya ya terserah lo aja mo gimana berkreasinya.

Bikin zine tuh buat gw udah kayak bikin karya seni, ada craftsmanship-nya. Proses kreatifnya harus jujur. Gw maunya kalo jadi harus sesuai sama yg gw pengen, soalnya zine gw itu representasi gw. Jadi nggak perlu keren atau artistik, yg penting personal. Yg penting gw bikinnya dengan, sekali lagi, jujur Image and video hosting by TinyPic .

Perasaan gw pas udah jadi, bangga! Puas! Gw udah ngerjain sesuatu yg kecil dengan cinta yg besar Image and video hosting by TinyPic.


( Ringo : alangkah bijaksananyaaaaaaaaa..Image and video hosting by TinyPic )

Pernah nggak sih ngarep zine kamu bakalan ngerubah sesuatu? Dan kalo pernah, perubahan yang kaya apa sih? Dan kalo nggak ngarep, apa dong tujuan kamu bikin Pussy Wagon? Just for fun? Terus dari PW#1, apa aja yang udah kamu dapetin? Hehe

Hmmm. Sebenernya tujuan gw bikin zine tuh emang buat seneng2 doang sih. Nggak ada yg serius juga. Sekarang gw masih ngerasa fun bikin zine, ntar kalo udah nggak fun ya gw nggak bikin lagi. Sesimpel itu.
Cuman kalo ternyata zine gw bisa ngerubah sesuatu, ya itu efek yg ngikut aja, di luar perkiraan gw. Gw sendiri nggak pernah ngarep zine gw bakal bikin perubahan, tapi kalo ternyata ada yg ngerasa hidupnya atau pola pikirnya berubah karena baca zine gw, ya bagus lah, karena tiap orang harus berubah kan, sekaligus agak nggak percaya kalo gw bisa se-affecting itu, hehehe. Sebenernya nggak perlu berubah, tapi ketika dengan baca tulisan gw bisa memancing persepsi yg berbeda dari arus kebanyakan aja gw udah seneng. Jadi ada yg namanya keberagaman perspektif gitu.

Kayak kemaren di PW #1 gw nulis tentang orientasi seksual. Tema kayak gitu kan udah banyak sebenernya, tapi ada beberapa orang yg langsung sms gw, kirim email atau ngajakin ngobrol pas ketemu langsung, mereka bilang kalo tulisan gw sangat inspiring. Banyak yg ngerasa relate sama tulisan gw. Banyak yg ngasih perspektif beda dari pemikiran dan perenungannya sendiri. Jadi nggak melulu agama yg diomongin.

Tapi tulisan gw udah bisa bikin orang ketawa waktu baca aja, itu udah pencapaian besar kok! Nggak muluk-muluk. Tapi kalo ternyata bisa ngerubah sesuatu, gw pengen orang berubah jadi lebih mencintai perbedaan, terpacu untuk membentuk opininya sendiri, lebih peduli, bisa nerima diri sendiri dan orang lain apa adanya. Ckckck, heroik banget gw!

Hahaha. Yang gw dapet dari PW #1, makin tenar dan makin bokek. Hahaha. Nggak lah bos, yg gw dapet ya temen2 baru yg banyaaaakkk dan seru2, cd band2 lokal yg asing di kuping, inspirasi dan ide2 baru untuk bikin sesuatu, ajakan untuk ngerjain proyek atau acara bareng. Hidup gw lebih hiruk pikuk aja ;)


Zombie lari apa zombie berjalan? Alasannya Kenapa?


Mending zombie yg bisa ngedance kayak di video-klip “Thriller”-nya MJ! Lebih flamboyan. Hahaha. Menurut gw, zombie yg bisa lari [apalagi kenceng] kayak di Phobia 2, atau yg bisa mikir kayak di Land of The Dead-nya Romero, atau yg nggak wajar lainnya tuh udah menyalahi kaidah per-zombie-an. Gw lebih seneng zombie yg normal. Tangannya nongol duluan dari dalem tanah, mukanya jelek dan jalannya pelan-pelan. Lebih creepy. Gw suka terobosan, tapi nggak untuk zombie. The classic one is the best one :D.

( Ringo: kalo ‘zombie’ yang kemaren nonton ama lu itu jalannya kaya gimana Ming? )

Jadi besok kan mau ada tsunami raksasa nih di Bandung, zine mana aja sih yang sangking kerennya kepikiran buat kamu bawa lari?


Hidup gw nggak akan berubah kalo gw nggak baca Setara Mata. Semoga ini udah cukup menjawab :D.

Pengen bikin zine tentang apa selain apa yang udah kamu lakuin dengan PW? Harapan buat scene zine lokal?

Kalo dalam waktu dekat ini sih, zine film. Terutama film2 yg disutradarai sama cewek. Ayo go kita bikin, kolaborasi!
Gw cuman bingung kenapa nggak ada yg bikin zine fotografi yak? Bukannya sekarang banyak fotografer jago? Kayaknya orang2 pada nggak tertarik untuk menuangkan hobi dan kecintaannya dalam bentuk tulisan yah…sayang banget.

Harapan gw, semoga scene zine atau literatur alternatif lokal makin gede, jadi nggak cuman scene musiknya aja yg gede. Orang makin banyak yg ngeh kalo membaca itu aktivitas yg keren, jadi budaya membaca dan menulis di kita bisa makin kuat. Orang-orang kita pada dasarnya sangat kreatif, tapi males baca sih. Terus makin banyak yg bikin zine juga dan makin variatif temanya, biar seru. Dan tentunya terjalin jaringan yg kuat se-nusantara, jadi komunikasinya tetep jalan.


Any last word, please..and thanks


Webzine lo keren go. Hehehe :D. Pram pernah bilang, “Tulisan itu abadi”. Pengalaman hidup yg nggak lo goreskan hari ini, bakal hilang selamanya. Jadi, sebesar apapun penolakan yg harus lo lawan dan segila apapun keyakinan lo, MENULISLAH HARI INI JUGA! Persahabatan di: badmocker@gmail.com ya temen-temen ;). Peluk dan cium buat semuanya! Ta-dah.


Nah, catch her at :

badmocker@gmail.com

http://www.myspace.com/lovepussywagon
http://www.facebook.com/#/pramilla.ellesandra


1 komentar:

  1. haha..pusywagon keren, pertama baca tulisan2nya sih agak serius gitu,eh tiba-tiba ada sesi srimulatnya yg bikin ketawa :)

    btw pusy apaan sih? hihi..

    BalasHapus